. Fungsi Pemahaman :
Konselor perlu pemahaman untuk menyadarkan konseli atas permasalahan yang
dihadapi.
Fungsi pemahaman yang dimaksud
yaitu fungsi Bimbingan dan Konseling yang akan menghasilkan pemahaman tentang
sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan keperluan pengembangan siswa
pemahaman ini mencakup :
- Pemahaman tentang diri siswa, terutama oleh siswa sendiri, orangtua, guru, dan guru pembimbing.
- Pemahaman tentang lingkungan siswa (termasuk di dalam lingkungan keluarga dan sekolah) terutama oleh siswa sendiri, orangtua, guru, dan guru pembimbing.
- Pemahaman tentang lingkungan yang lebih luas (terutama di dalamnya informasi pendidikan, jabatan/pekerjaan dan/atau karier dan informasi budaya/nilai-nilai terutama oleh siswa
2. Fungsi Pencegahan (preventif) : Fungsi ini mengupayakan
bagaimana agar permasalahan-permasalahan tidak terjadi atau usaha pencegahan
terhadap kemungkinan timbulnya masalah.
3. Fungsi Pengentasan :
segala sesuatu yang berhubungan dengan proses pengentasan permasalahan.
yaitu fungsi bimbingan dan
konseling yang menghasilkan terentaskannya atau teratasinya berbagai
permasalahan yang dialami peserta didik.
4. Fungsi Pemeliharaan dan
Pengembangan : fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan terpelihara
dan terkembangkannya berbagai potensi dan kondisi positif peserta didik dalam
rangka perkembangan dirinya secara mantap dan berkelanjutan.
Prinsip-prinsip Bimbingan dan Konseling.
- Prinsip BK secara umum
- Bimbingan berhubungan dengan sikap dan tingkah laku individu yang terbentuk dari kepribadian yang berbagai macam
- Pemberian bimbingan yang tepat dan sesuai pada individu yang bersangkutan
- Berpusat pada indivudu yang dibimbing
- Masalah yang tak dapat diselesaikan di sekolah, diserahkan kepada yang berwenang
- Identifikasi kebutuhan
- Fleksibel
- Bimbingan dipimpin oleh ahli dalam bimbingan dan bekerjasama dengan pembantunya serta mengunakan narasumber
- Evaluasi rutin terhadap program bimbingan
- Prinsip-prinsip BK secara khusus
- Prinsip yang berkenaan dengan sasaran layanan; (1) non diskriminasi, (2) individu dinamis dan unik (3) tahap & aspek perkembangan individu, (4) perbedaan individual.
- Prinsip berkenaan dengan permasalahan individu; (1) kondisi mental individu terhadap lingkungan sosialnya, (2) kesenjangan sosial, ekonomi, dan budaya.
- Prinsip berkenaan dengan program layanan; (1) bagian integral pendidikan, (2) fleksibel & adaptif (3) berkelanjutan (4) penilaian teratur & terarah
- Prinsip berkenaan dengan tujuan dan pelaksanaan pelayanan
- ; (1) pengembangan individu agar mandiri (2)
- keputusan sukarela (3)
- ditangani oleh profesional & kompeten, (4) kerjasama antar pihak.
sangat bagus
BalasHapusSipzZ.,.
BalasHapus